- welcome -

Senin, 06 Juni 2011

BAHASA KITA

Bahasa adalah alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Mungkin ada yang keberatan dengan mengatakan bahwa bahasa bukan satu-satunya alat untuk mengadakan komunikasi.(Gorys Keraf, 1997 : 1)

Bahasa memberikan kemungkinan yang jauh lebih luas dan kompleks daripada yang dapat diperoleh dengan mempergunakan media tadi. Bahasa haruslah merupakan bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia.

bahasa adalah sistem simbol dan tanda (Fodor, 1974). Yang dimaksud dengan sistem simbol adalah hubungan simbol dengan makna yang bersifat konvensional. Sedangkan yang dimaksud dengan sistem tanda adalah bahwa hubungan tanda dan makna bukan konvensional tetapi ditentukan oleh sifat atau ciri tertentu yang dimiliki benda atau situasi yang dimaksud. Dalam bahasa Indonesia kata cecak memiliki hubungan kausal dengan referennya atau binatangnya. Artinya, binatang itu disebut cecak karena suaranya kedengaran seperti cak-cak-cak.

Dalam bahasa selalu tersirat realita. Sementara perilaku selalu merujuk pada pelaku komunikasi. Komunikasi bisa terjadi jika prosesdecoding danencoding berjalan dengan baik. Kedua proses ini dapat berjalan dengan baik jika baikencoder maupundecoder sama-sama memiliki pengetahuan dunia dan pengetahuan bahasa yang sama. (Omaggio, 1986).

Dalam berkomunikasi sehari-hari, salah satu alat yang paling sering digunakan adalah bahasa, baik bahasa lisan maupun bahasa tulis. Begitu dekatnya kita kepada bahasa, terutama bahasa Indonesia, sehingga tidak dirasa perlu untuk mendalami dan mempelajari bahasa Indonesia secara lebih jauh. Akibatnya, sebagai pemakai bahasa, orang Indonesia tidak terampil menggunakan bahasa. Suatu kelemahan yang tidak disadari. (Felicia , 2001 : 1).

Bahasa adalah Power! Bahasa adalah kekuatan. Kekuatan yang kadang tidak kita sadari sepenuhnya. Bahasa adalah Identitas Budaya. Bahasa adalah Tindakan. Gandhi Berkata," my message is my life". hendaklah Bahasa digunakan sebagai bahasa kebenaran arti dan maknanya. sehingga Bahasa benar-benar bermanfaat bagi kehidupan.

"mulut kamu, Harimau kamu" dari kata-kata menimbulkan perasaan damai dari kata-kata meimbulkan kehancuran. Dengan demikian arti atau Makna sebuah kata-kata [pembentuk bahasa] sangatlah penting.

Tidak ada komentar: